Wisata Goa Kreo Semarang

Goa Kreo yang berada di waduk Jatibarang, Gunung Pati, Semarang.

Daerah yang masih menjadi wilayah Semarang barat ini ternyata menyimpan daya tarik sebagai lokasi wisata.

Lokasi goa yang penuh cerita legenda ini kini selalu ramai oleh para pelancong yang datang dari berbagai penjuru kota Semarang dan kota-kota lainnya di Jawa Tengah.

Apa saja daya tarik Goa Kreo dan apa saja aktifitas wisata yang bisa dilakukan di sana?

Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Goa Kreo Semarang

Goa-Kreo-Semarang

Jika pernah berkunjung ke Waduk Jatibarang, Semarang, Anda pasti mengetahui bahwa salah satu aktifitas yang biasanya akan dilakukan oleh para pelancong adalah berkunjung ke Goa Kreo.

Goa ini memang menjadi salah satu wahana wisata yang bisa dinikmati pengunjung Waduk Jatibarang selain wahana-wahana lain yang tersedia.

Pengunjung yang datang ke Koa Kreo biasanya bertujuan untuk melihat kera-kera ekor panjang yang konon menjadi bagian dari kisah legenda Sunan Kalijaga saat mengunjungi tempat tersebut.

Banyaknya kera-kera lucu itu pun menjadi salah satu daya tarik Goa Kreo disamping daya tarik lainnya.

Goa Kreo terletak di dalam sebuah pulau yang terletak di tengah Waduk Jatibarang. Untuk menuju pulau tersebut, pengelola wisata sudah membangun jembatan permanen yang bisa dilalui bahkan oleh mobil sekalipun.

Jembatan ini memanjang dari pinggir waduk hingga ke pulau. Banyak juga wisatawan yang memanfaatkan momen melewati jembatan ini untuk berfoto dengan latar jembatan.

Aktifitas di Goa Kreo

Aktifitas utama yang bisa pengunjung lakukan saat mendatangi Goa Kreo adalah melihat ratusan kera ekor panjang yang berjejer di sekitar lokasi.

Para pengunjung yang membawa barang ataupun bekal ke pulau ini, diharapkan berhati-hati karena kera-kera tersebut kadang suka mengganggu pengunjung dan merebut barang bawaan mereka.

Selain melihat kera-kera lucu yang kadang usil tersebut, pengujung yang datang ke Goa Kreo juga bisa melakukan beberapa aktifitas lain seperti berikut ini :

1. Mempelajari Sejarah Goa Kreo

Membaca dan mengetahui sejarah sebuah tempat wisata bagi sebagian orang kadang merupakan suatu hal yang menyenangkan.

Nah saat berkunjung ke Goa Kreo ini, Anda bisa mempelajari sejarah atau asal-usul keberadaan Goa Kreo.

Sejarah keberadaan Goa Kreo beserta munculnya para kera yang mendiami lokasinya berawal dari kisah perjalanan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak.

Dalam perjalanannya, sang sunan mengalami beberapa kejadian salah satunya bertemu dengan kera-kera ekor panjang yang kemudian diperintahkan untuk menjaga kayu-kayu jati yang ia kumpulkan.

Uniknya, ternyata penamaan tempat wisata ini dengan nama Goa Kreo rupanya diambil dari penggalan komunikasi sang sunan dengan para kera.

Konon, ketika para kera terus mengikuti sang sunan, ia pun memerintahkan kera-kera tersebut untuk tinggal dan menjaga kayu jati.

Perintah untuk menjaga kayu jati yang konon dibahasakan dalam bahasa jawa oleh sang sunan dengan kata “Mangreho” hingga kini dipercaya sebagai awal mula penamaan obyek wisata Goa Kreo.

2. Menikmati Pemandangan Bukit dan Danau Jatibarang

Spot-Photo-di-Goa-Kreo

Dari lokasi Goa Kreo, para pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan danau Jatibarang dan areal perbukitan yang mengitarinya.

Landscape danau yang menghampar luas dan berpadu dengan aneka pepohonan disekitarnya laksana lukisan mahal yang tak ternilai harganya.

3. Hunting Foto

Di Goa Kreo juga telah disediakan beberapa spot foto yang bisa di-eksplore pengunjung.

Selain berfoto dengan pakaian ala Korea yang biasa disebut hanbok, para pengujung juga bisa berfoto di sekitar area rumah Eskimo yang bertemakan salju.

Kemudian ada juga spot foto di atas awan yang menyediakan berbagai properti yang bisa membuat foto pengunjung terlihat seperti sedang berada di atas awan.

Selain ketiga aktifitas di atas, sebenarnya masih banyak aktifitas wisata menyenangkan yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Goa Kreo.

Kalaupun tidak menemukan hal yang membuat Anda betah berlama-lama di lokasi, Anda bisa berpindah ke Waduk Jatibarang untuk menjelajah danau ataupun mencoba wahana lain yang tersedia.

Goa Kreo bisa dijadikan alternatif tempat wisata di Semarang yang akan Anda kunjungi saat weekend ataupun saat libur panjang tiba.

Banyaknya aktifitas dan murahnya harga tiket masuk, membuat obyek wisata ini tetap layak untuk dikunjungi setelah ataupun sebelum berkunjung ke tempat-tempat wisata lainnya di Semarang.

Demikian ulasan tentang tempat wisata di goa Kreo Semarang yang sedang naik daun ini. Apalagi setelah adanya area yang dihias seperti suasana di Jepang yang ada pohon Sakura yang dihiasi dengan hamparan salju. Tempat ini makin ramai dikunjungi para penggeliat wisata yang butuh update akun sosialnya.