Cara Mengoptimalkan Performa Laptop Gaming

Mobilitas merupakan hal yang membuat bermain dengan laptop gaming sangat mengasyikkan. Anda dapat membawa laptop ke kampus atau tempat-tempat dimana Anda bisa bermain game multiplayer bersama kawan-kawan.

Agar kinerja laptop optimal, Anda bisa melakukan upaya maksimalisasi.

Anda dapat meningkatkan kualitas bermain game di laptop dengan menyimak beberapa tips memaksimalkan laptop gaming berikut ini.

meningkatkan performa laptop gaming

1. Mengupdate Driver VGA.

Melakukan update driver hardware dan software yang terkait dengan kinerja bermain game merupakan hal rutin yang harus Anda lakukan.

Update yang utama untuk laptop gaming adalah update driver VGA atau kartu grafis. VGA sendiri merupakan ujung tombak dari sebuah laptop gaming.

Melakukan update driver VGA secara rutin dan berkala akan membuat Anda terhindar dari beberapa masalah dan menjaga performa gaming yang maksimal.

2. Pengaturan Power Baterai.

Pada laptop gaming, Anda perlu melakukan pengaturan power dengan cerdik. Atur kinerja baterai Anda sesuai dengan keinginan.

Misalkan, pada saat bermain game tertentu yang memerlukan kinerja berat, Anda dapat membuat power bekerja maksimal.

Sementara ketika Anda bermain game ringan atau melakukan aktivitas biasa, atur power setting ke level yang rendah. Hal itu dilakukan untuk menjaga keawetan baterai.

3. Mengatur Konfigurasi Grafis.

Agar game yang Anda jalankan berjalan optimal, Anda perlu melakukan pengaturan konfigurasi grafis yang menyesuaikan dengan spek laptop Anda.

Beberapa opsi, diantaranya shader (efek bayangan) dan detail tekstur perlu Anda atur ulang untuk menyesuaikan terutama dengan besaran RAM yang Anda miliki.

4. Perawatan Hardisk.

Untuk menjaga performa dan terutama keawetan hardisk, Anda dapat melakukan beragam perawatan rutin. Beberapa perawatan dan pengoptimalan yang bisa Anda lakukan adalah melakukan disk clean up dan disk defragmenter.

Keduanya berfungsi membuat ruang kosong hardisk sekaligus mengoptimalkan kinerjanya.

5. Atur Partisi dengan Baik.

Atur partisi hardisk Anda dan pisahkan antara disk untuk OS (Windows) dengan disk untuk data. Minimal, Anda memiliki 2 disk.

Partisi tersebut dilakukan untuk membuat pengaturan file dan OS yang lebih tertata rapi. Untuk game sendiri, sangat direkomendasikan untuk menginstallnya di disk non-OS.

6. Temukan dan Hilangkan Malware dan Virus.

Tips memaksimalkan laptop gaming selanjutnya adalah melakukan scan anti-virus dan anti-malware secara rutin.

Tujuannya adalah menemukan dan membasmi virus dan malware yang mungkin ada di laptop Anda. Keduanya merupakan ancaman keamanan sekaligus membuat kinerja laptop menjadi berat dan lemot.

7. Matikan Aplikasi Background dan Software.

Agar kinerja game maksimal, perhatikan aplikasi background yang berjalan otomatis atau tanpa sepengetahuan Anda.

Aplikasi background tersebut akan memakan RAM Anda sehingga game tidak bekerja maksimal. Selain aplikasi background ada juga software yang perlu Anda atur untuk tidak berjalan sendiri atau muncul di startup. Anda bisa mematikan satu per satu melalui task manager atau menggunakan Game Booster.

8. Hanya Buka Program Game.

Ketika Anda bermain game, fokuskan laptop hanya pada program game tersebut. Jika Anda membuka aplikasi lain atau bahkan bermain game sambil bersosial media, kinerja laptop Anda tidak akan maksimal.

Akibatnya, laptop akan bekerja lamban karena RAM yang digunakan akan terpecah antara main game dengan aplikasi lain.

9. Bersihkan Laptop Rutin.

Membersihkan laptop dari debu dan beragam hal yang mungkin mengganggu terutama kinerja pendingin perlu Anda lakukan.

Kendati tidak terlihat memengaruhi kinerja hardware, melakukan bersih-bersih dapat meningkatkan kenyamanan Anda dalam menggunakan dan bermain game di laptop kesayangan Anda.

Tips memaksimalkan laptop gaming di atas akan membantu Anda untuk mengoptimalkan kinerja laptop ke level yang maksimal.

Selain itu, tips di atas juga akan membantu Anda menjaga durabilitas laptop gaminpg Anda.