Amalan Ringan yang Berat di Timbangan

Ibadah yang kita lakukan tidak lain adalah untuk meraih pahala dan mendapatkan derajat surga yang tinggi di sisi Allah. Semua aktivitas keagamaan yang secara rutin kita kerjakan adalah perintah yang jika kita taat akan diganjar pahala dan surga.

Namun, tanpa ilmu agama yang memadai, ada kalanya kita tidak mengetahui jenis-jenis amalan. Amalan mana saja yang bisa mendatangkan banyak pahala dan menjadikan kita orang yang beruntung di hari pembalasan nantinya.

Amalan-Ringan-Dengan-Berat-Timbangan

Oleh sebab itu, mulai sekarang ini kita wajib belajar lebih mendalam tentang ilmu agama. Hal ini bertujuan supaya timbangan kita di hari pengadilan kelak bisa jauh lebih berat ke arah kanan.

Jenis Amalan yang Mendatangkan Banyak Pahala

Jika Anda bukan seorang lulusan pondok atau sekolah agama, mungkin saja Anda minim informasi mengenai jenis-jenis amalan ibadah. Terutama amalan ibadah yang mampu menyumbang banyak pahala untuk kita. Diantaranya adalah :

1. Shalat Berjamaah

Bagi Anda yang berkesempatan melakukan shalat berjamaah, hendaknya lakukan dengan rutin setiap hari. Shalat berjamaah tidak selalu harus dilakukan di masjid atau musholla.

Definisi shalat berjamaah adalah shalat yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Pahala yang didapatkan orang yang shalat berjamaah 27 derajat lebih banyak dibandingkan dengan orang yang shalat sendiri.

Oleh sebab itu, jika Anda sedang berada di kantor, tidak apa mengajak kawan untuk shalat berjamaah ketimbang shalat sendiri.

2. Istighfar Pagi dan Sore

Kalimat istigfar adalah kalimat untuk memohon ampunan kepada Allah. Kalimat Astaghfirullah al-‘Adzim bermakna Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung.

Kalimat pendek ini sangat mudah diucapkan. Jika Anda ingin mengamalkan kalimat istighfar ini, Anda cukup membaca Astaghfirullah berulang kali sebanyak yang Anda mampu.

Lakukan sebanyak 100 kali di pagi hari dan 100 kali di sore hari. Amalan ini akan menjadi ladang pahala yang akan memberatkan timbangan mizan nantinya.

3. Membaca Kalimat Tasbih

Kalimat tasbih yaitu Subhanaallah al-‘Adzim dan Subhanaallah wa bi Hamdihi. Kalimat ini juga merupakan kalimat yang ringan untuk diucapkan. Jika Anda terbiasa bersenandung menyanyikan lagu, kini saatnya mengganti dengan kalimat tasbih.

Allah SWT sangat mencintai kalimat Subhanaallah al-‘Adzim. Jika Allah saja mencintai kalimatnya, tentu pelantunnya pun akan mendapatkan limpahan rasa cinta Allah.

Jika Anda lebih afdhol mengucapkan Subhanaallah al-‘Adzim dan Subhanaallah wa bi Hamdihi, hal ini juga lebih baik. Kalimat ini akan menghapus dosa-dosa Anda di masa lalu meskipun sebanyak buih di lautan. Itulah mujarabnya kalimat tasbih.

4. Dzikir Bacaan Tahlil

Sebuah riwayat mengisahkan sebuah cerita tentang seorang umat yang merutinkan dzikir tahlil. Ketika datang hari pengadilan, Allah mengeluarkan tumpukan buku catatan dosa yang telah dilakukannya. Namun, Allah juga mengeluarkan selembar catatan amalan terbaik umat tersebut yaitu dzikir tahlil.

Ketika diletakkan pada timbangan, berat timbangan jatuh ke sebelah kanan. Selembar amalan tersebut mampu mengangkat tumpukan dosa yang diperbuat. Hal ini menunjukkan bahwa pahala dan ganjaran yang diberikan Allah kepada orang yang selalu dzikir tahlil sangatlah besar.

5. Dzikir Asmaul Husna

Asmaul Husna adalah nama-nama baik milik Allah. Nama ini menggambarkan sifat Allah supaya bisa dipahami oleh makhluknya. Dari sekian banyak Asmaul Husna, ada beberapa nama yang jika diamalkan untuk berdzikir akan mendatangkan pahala dan ganjaran tidak ternilai.

Berikut ini adalah Asmaul Husna yang jika digunakan untuk berdzikir maka akan ditinggikan pahalanya, yaitu :

  • Al Mutakabbir, yang artinya Maha Megah, Maha yang mempunyai Keagungan dan kesombongan
  • Al Azhiim, yang artinya Maha Agung.

Orang yang berdizikir dengan menggunakan dua nama ini akan mendapatkan ganjaran pahala yang sangat tinggi. Allah sangat menyukai umat yang memuji dan mengagungkan Allah.

6. Shadaqoh Jariyah

Shadaqoh jariyah adalah shadaqoh untuk kepentingan sabilillah seperti pembangunan masjid, pengadaan perlengkapan mengaji dan lain sebagainya. Jika Anda bershadaqoh dalam jariyah, pahalanya akan terus mengalir meskipun Anda sudah meninggal dunia. Amalan yang satu ini sangat ringan sekali mengingat ganjaran pahala yang menanti.

Itulah beberapa amalan ringan dengan berat timbangannya yang wajib Anda ketahui. Jika sudah memahami dengan jelas, kini saatnya mempraktekkan amalan-amalan tersebut. Jadikan amalan tersebut sebagai kebiasaan Anda, kelak amalan ini akan menolong Anda di hari pengadilan.