02
Jun

Tips Memilih Warna dan Motif Wallpaper

Memilih warna dan motif wallpaper yang tepat untuk dipasang di ruangan, baik di rumah maupun di kantor, memang bisa membingungkan. Apalagi bila kita merasa tidak memiliki selera atau bakat desain sehingga khawatir akan memilih warna dan motif wallpaper yang salah. Namun, sebenarnya, ada lho tips untuk memilih wallpaper agar sesuai dengan ruangan dan kebutuhan. Simak tips untuk memilih warna dan motif wallpaper berikut dari kami:

Sesuaikan dengan Fungsi Ruangan

Masing-masing warna dan motif wallpaper harus disesuaikan kembali dengan fungsi, luas, dan tema ruangan. Untuk kamar anak, tentunya motif yang playful dan colorful dapat menjadi pilihan. Namun karena masih berfungsi sebagai kamar tidur, tentunya warna wallpaper yang lembut dapat menjadi pilihan tepat untuk mendukung suasana tenang guna beristirahat. Berbeda dengan ruang tamu atau ruang keluarga yang memiliki fungsi berbeda, warna dan motif yang dipilih bisa lebih ekspresif dan menarik, sesuai dengan karakter dan personality si pemilik.

Sesuaikan dengan Luas Ruangan

Luas ruangan tentunya sangat berpengaruh untuk pemilihan warna dan motif wallpaper. Bila salah pilih, ruangan dapat menjadi tampak lebih sempit, lebih dingin, ataupun tidak seimbang. Untuk menghindari kesan ruangan yang sempit, pilihlah corak dan warna yang terang, sehingga memberikan kesan luas antar dinding. Untuk ruangan yang luas atau memanjang, bisa diakali dengan menggunakan wallpaper berwarna gelap, ataupun mengkombinasikan beberapa motif wallpaper sekaligus. Selain itu, motif wallpaper dengan garis horizontal atau vertikal juga bisa memberi efek yang berbeda, tergantung dari kebutuhan pemilik. Misalnya saja, wallpaper motif horizontal bisa memberikan kesan lebih luas, dan wallpaper motif vertikal bisa memberikan kesan ruangan lebih tinggi.

Sesuaikan dengan Furniture

Alangkah baiknya jika semua unsur dalam satu ruangan dapat saling mendukung satu sama lain, termasuk wallpaper dan furniture. Bila ruangan sudah didesain sedemikian rupa, biasanya dari gaya furniture dapat terlihat tema yang mau diusung. Bila furniture dalam ruangan bertema rustic, maka ada baiknya wallpaper juga mendukung gaya ini. Sekarang, sudah banyak warna dan motif wallpaper yang menyerupai motif kayu, batu, bahkan pemandangan. Dengan berbagai pilihan yang ada, warna dan motif wallpaper dapat disesuaikan dengan furniture ruangan tersebut.

Yang Perlu Diperhatikan

Untuk ruangan yang luas atau panjang, mengkombinasikan beberapa motif wallpaper menjadi salah satu pilihan tepat. Namun, hati-hati agar motif wallpaper yang dipilih dapat saling melengkapi, bukan malah jadi saling adu. Bila salah satu wallpaper yang dipilih sudah cukup ramai, maka wallpaper lainnya harus lebih sederhana. Usahakan juga agar kedua warna dan motif wallpaper tersebut masih terhubung dalam satu konsep, hingga ruangan tetap terlihat selaras. Bila kedua wallpaper gayanya berbeda, justru membuat ruangan tampak penuh dan tidak beraturan.

Memilih Jenis Wallpaper

Menentukan jenis wallpaper yang akan dipakai juga tidak kalah pentingnya. Hal ini justru harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti karena berkaitan dengan bahan yang digunakan, yang menentukan kualitas wallpaper tersebut. Jenis wallpaper juga berkaitan dengan cara merawat dan umur wallpaper.

Cari Bantuan

Nah, bilapun Anda telah menetapkan warna dan motif yang diinginkan, ada baiknya mendiskusikan dan memastikannya dengan para ahli. Luzzone Indonesia dapat memberikan solusi bagi Anda untuk memilih wallpaper, juga menyediakan berbagai koleksi bahan, jenis, warna, dan motif wallpaper yang berkualitas dengan harga terjangkau.