08
Jun

Mengakali Ruang Minimalis dengan Wallpaper

Jaman sekarang, memiliki rumah besar, apalagi di tempat yang strategis, dapat menjadi sulit. Selain lahan yang makin terbatas, harga properti pun semakin menanjak. Tidak heran, sekarang banyak dipasarkan rumah jenis minimalis, terutama untuk  keluarga muda. Wajar saja, karena dengan  harga yang lebih terjangkau, rumah minimalis dapat diperoleh di tempat yang lebih strategis, dekat dengan tempat kerja, ataupun dekat dengan pusat kota.

Bila Anda memiliki rumah minimalis, jangan khawatir. Anda tetap bisa menyajikan desain interior yang wah dan menarik, apabila Anda tau caranya. Selain membeli furniture yang multi fungsi, pemilihan warna, baik dinding maupun ubin dapat memberikan efek visual yang dapat membuat ruangan tampak lebih luas. Karena mengecat dinding terbatas hanya pada warna polos, wallpaper dinding kerapkali menjadi pilihan untuk menyiasati ruang minimalis. Nah, bagaimana mengakali ruang minimalis dengan wallpaper?

Hindari kesan penuh

Karena ruang minimali sendiri sudah sempit, sebaiknya jangan menempel seluruh dinding Anda dengan wallpaper yang bermotif. Dengan begini, ruangan akan terkesan terlalu penuh, yang pada akhirnya dapat menimbulkan kesan sempit.

Bila Anda ingin memenuhi seluruh dinding dengan wallpaper, pilihlah motif yang minimalis, berwarna pastel, atau motif yang berukuran kecil. Selain itu, motif bunga, abstrak, geometris, ataupun garis-garis juga cocok untuk ruang minimalis. Wallpaper dengan motif yang sedikit, biasanya cenderung lebih terjangkau, namun tidak selalu demikian.

Bila Anda terlanjur suka dengan motif yang ramai, pasanglah wallpaper hanya pada satu atau dua dinding saja dalam ruang minimalis tersebut. Cat dinding lainnya dengan warna yang dapat melengkapi wallpaper, atau biarkan putih polos untuk memberikan kesan lega.

Sesuaikan dengan tipe ruangan

Ruangan minimalis juga terdiri dari banyak jenis. Selain dari panjang dan lebar, hal ini juga dapat diukur dari tinggi plafon. Untuk masing-masing jenis ruangan, tips yang harus diterapkan pun berbeda pula dari ruangan yang satu dengan ruangan lainnya.

Ruang minimalis dengan plafon rendah

Untuk ruang dengan plafon rendah, pilihlah motif wallpaper dengan motif garis vertikal dan warna yang lebih gelap daripada warna plafon. Dengan demikian, perpaduan warna dan motif wallpaper ini dapat memberikan kesan plafon yang nampak lebih tinggi.

Ruang minimalis dengan plafon tinggi

Bila plafon tinggi, untuk menghindari ruangan yang tidak proporsional, pilihlah motif wallpaper dengan garis horizontal dan berwarna lebih terang daripada warna plafon. Hal ini untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih panjang dan lebih luas.

Ruang minimalis yang lebar

Untuk ruang minimalis, kadang ada ruangan yang lebih lebar daripada panjang. Untuk mengakali hal ini, pilihlah wallpaper dinding yang lebih gelap untuk dinding kanan dan kiri, serta wallpaper dinding yang lebih terang di dinding tengah. Hal ini perlu untuk menciptakan kesan bahwa jarak dinding kanan dan kiri lebih dekat dan dinding tengah menjadi lebih jauh daripada yang sebenarnya.

Ruang minimalis yang panjang

Sebaliknya, bila ruang minimalis Anda lebih memanjang daripada lebarnya, hal ini dapat membuat ruangan terkesan sempit. Karena itu, padukanlah wallpaper yang lebih terang di bagian kanan dan kiri, dengan wallpaper yang lebih gelap pada dinding tengah. Dengan begini, ruangan akan terkesan lebih luas daripada yang sebenarnya.

Tips lain untuk ruang minimalis

Wallpaper dengan motif garis dan warna gelap lebih cocok untuk dijadikan sebagai aksen sehingga tidak cocok bila digunakan untuk dipasang ke seluruh dinding. Sebaliknya, warna terang dan motif kecil cocok dipasang ke seluruh dinding, sehingga kurang cocok bila hanya digunakan sebagai aksen.

Untuk memastikan bahwa Anda memilih wallpaper yang tepat untuk ruang minimalis Anda, konsultasikan dengan Luzzone Indonesia dapat memberikan solusi bagi Anda untuk memilih wallpaper, juga menyediakan berbagai koleksi bahan, jenis, warna, dan motif wallpaper yang berkualitas dengan harga terjangkau.