04
Jun

Keuntungan Memasang Wallpaper Dinding

Wallpaper dinding sudah ada dari jaman dulu, namun terus berevolusi seiring waktu, baik dari segi motif maupun bahan dan kualitas. Di jaman sekarang, makin banyak orang yang menggunakan wallpaper dinding karena beberapa pertimbangan, yang tentunya lebih unggul bila dibandingkan dengan cat dinding. Berikut ini adalah keuntungan memasang wallpaper dinding, tentunya dengan beberapa perbandingan dengan hal yang dianggap sebagai kekurangan wallpaper dinding.

Bahan yang berkualitas

Pada jaman dulu, wallpaper dikatakan tidak kuat pada dinding lembab, apalagi bila ruangan tertutup dan tidak ber-AC. Hal itu karena wallpaper masih hanya terbuat dari kertas. Namun masa itu sudah lewat. Jaman sekarang, wallpaper terbuat dari berbagai bahan, mulai dari vinyl paper, flock, foils, fiberglass weaves, heavy duty paper, dan natural fibers. Semua bahan tersebut tahan air, dapat dicuci, bahkan sebagian juga tahan apa. Mengagumkan, bukan?

Mudah dibersihkan

Dibandingkan dengan cat dinding, wallpaper lebih mudah dibersihkan, khususnya bahan vynil, atau untuk wallpaper yang memiliki lapisan dari jenis plastik mengkilap. Cara membersihkannya cukup dengan lap basah, maka kotoran dapat langsung hilang. Berbeda dengan cat dinding, apalgi bila Anda punya anak kecil, maka sangat sulit untuk menjaga kebersihan cat dinding.

Begitu juga saat pemasangan, tetesan cat kerapkali membuat jengkel karena sulit dibersihkan dan dapat mengotori perabot di sekitarnya. Namun untuk wallpaper, bila ada lem wallpaper yang terjatuh ke lantai atau perabot, maka bisa dihapus menggunakan spons lembab atau kain basah.

Mudah dipasang dan diganti

Saat mengecat rumah, pastinya dibutuhkan waktu yang cukup lama, seperti menunggu cat dasar kering, lalu dicat kembali dengan cat warna yang diinginkan. Begitu pula dengan mengganti cat dinding, maka dinding harus dikerok atau diamplas dulu untuk dibersihkan dari cat lama, baru diulang proses pengecatannya. Belum lagi, selama proses pengecatan, rumah menjadi kotor dan berdebu.

Dengan wallpaper dinding, pemasangan dan penggantian dapat dilakukan dengan praktis dan dalam waktu yang singkat. Pemasangan hanya dilakukan dengan menempelkan wallpaper pada dinding, yang dapat dilakukan oleh ahlinya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Begitu juga dengan penggantian, tinggal melepas wallpaper yang lama dan menempelkan wallpaper dinding yang baru. Pengerjaan pemasangan dan penggantian wallpaper dinding pun menjadi sangat efektif dan efisien.

Lebih hemat

Dulu, harga wallpaper relatif mahal dibanding cat dinding. Namun seiring waktu, sekarang banyak tersedia jenis wallpaper yang beragam, dengan harga yang beragam pula. Bahkan, bila kualitas wallpaper yang bagus dibandingkan dengan kualitas cat yang sama bagusnya, maka harga untuk pengecatan dapat menjadi lebih mahal. Apalagi untuk jangka waktu panjang, wallpaper dapat bertahan hingga 8-12 tahun, sedangkan cat dinding hanya bertahan sekitar 2-3 tahun sebelum warnanya menjadi kusam.

Visual yang menarik

Selain itu, wallpaper dinding memiliki berbagai warna, corak, dan desain yang dapat disesuaikan dengan fungsi dan desain ruangan. Hal ini dapat digunakan untuk menyiasati ruangan yang sempit, misalnya. Selain itu, wallpaper dinding juga dapat digunakan untuk menutupi tembok yang retak atau bolong, sehingga permukaan tembok dapat dipenuhi dengan wallpaper yang menarik.

Nah, berbagai keuntungan di atas, dapat menjadi pertimbangan Anda saat memilih untuk mengecat dinding atau memasang wallpaper dinding untuk ruangan atau rumah Anda.

Luzzone Indonesia menyediakan beragam warna, corak, bahan, kualitas wallpaper dengan kisaran harga yang terjangkau. Konsultasikan kebutuhan dan masalah wallpaper Anda, sehingga kami dapat membantu Anda untuk memilih wallpaper yang tepat.